Flash news!
Beranda
Festival Mendongeng Nasional 2013 PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 15 March 2013
LogoLatar Belakang

Mendongeng (storytelling) adalah kebiasaan turun temurun yang dilakukan oleh leluhur sebagai pengantar tidur anak. Dongeng untuk anak selalu mengandung nilai-nilai keteladanan, kebaikan, dan kejujuran.
 
Sayang zaman sekarang anak-anak jarang mengenal dongeng, karena selain orang tua sibuk bekerja, guru di sekolah pun tidak terbiasa bercerita, mendongeng, atau menulis dongeng yang disesuaikan dengan kondisi dan perubahan zaman. Dongeng yang baik adalah dongeng yang tidak bersifat menggurui dan menakuti tetapi mampu mempengaruhi daya pikir ke arah pembentukan karakter anak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu dongeng (storytelling) zaman sekarang perlu disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak yang sudah mengenal berbagai peralatan elektronik (gadget) audiovisual dan digital. Anak-anak kini perlu dibuatkan dongeng/cerita yang berakar dari kultur budaya Indonesia yang mengandung nilai-nilai luhur yang didongengkan secara menarik sesuai dengan kondisi zaman.
 
Dengan berbagai pemikiran tersebut di atas, Klub Perpustakaan Indonesia (KPI) mengundang Bapak/Ibu/Sdr(i) guru atau pustakawan dari PAUD, TK/RA, SD/MI, dan yang setara, serta komunitas pencinta/pemerhati/penulis dongeng untuk mengikuti Festival Mendongeng Nasional 2013.

Penyelenggaraan Festival Mendongeng Nasional tahun 2013 ini didukung dan dibantu oleh berbagai pihak yang peduli akan pembangunan karakter anak bangsa.

Tema Dongeng

Bebas, mengandung unsur yang bersifat nasionalis, heroik, religius, humanis, dan pluralis, ditujukan untuk anak usia 5 s.d. 9 tahun.

Seleksi Final

- Berdasarkan seleksi dan penilaian naskah yang masuk, oleh dewan juri akan ditentukan 15 orang nomine sebagai finalis.
- Peserta yang menjadi finalis akan dipanggil ke Jakarta tanggal 27-30 Mei 2013 untuk mengikuti final.
- 100 orang pertama pengirim naskah untuk mengikuti Festival Mendongeng diundang menghadiri Seminar dan Workshop tentang Penulisan Cerita Anak dan Mendongeng pada tanggal 28 Mei 2013 secara cuma-cuma.

Hadiah/Penghargaan

Hadiah berupa piala dan uang untuk pemenang I, II, III, dan Favorit. Penghargaan untuk finalis berupa piagam, uang, dan hadiah lain dari sponsor.

Untuk ketentuan dan persyaratan lebih lanjut bisa mengunduh (download) brosur Festival Mendongeng Nasional 2013 di:

http://bit.ly/XCLOPM

Klub Perpustakaan Indonesia
Jl. Bendi Utama No. 3 Tanah Kusir Kebayoran Lama
Jakarta Selatan
Telepon : 021-72794739 / 021-98173480
Email       : /
Last Updated ( Thursday, 19 September 2013 )
 
Polls
Menurut Anda apakah sudah tercapai tujuan Pemerintah dengan program pendidikan gratis?
  
Who's Online
We have 1 guest online